Most Viewed Poata

October 6, 2013

Writing - My Passion, Hobby, and Big Dream

Hmm. Jujur, aku bingung mau mulai nulis darimana. Karena udah lama vakum nulis semenjak sibuk dengan KKN - yang aslinya Kuliah Kerja Nyata, akhirnya diplesetin jadi Kisah Kasih Nyata. Kenapa dibilang gitu? Karena KKN sudah berhasil mempertemukan dan menjadikan sekian-puluh pasangan (lebay sedikit). But, that's the fact. People said that KKN can met us with the beloved one :D
Ups, tapi kali ini aku gak akan bahas KKN. Oh, maybe I'll share it later :)

Sewaktu aku kecil belum sadar kalau punya minat dibidang tulis-menulis. Padahal sejak zaman SD, aku udah sering banget nulis disembarang buku kosong. Gak perduli buku kosong itu punya siapa, kalau nganggur ya langsung aku embat aja. Hehehe.
Dan aku juga belum tau kalau yang sering aku tulis dulu semacam fanfiction. What's fanfiction? Please, google it first. Karena zaman SD aku lagi musim-musimnya Akademi Fantasi Indosiar (AFI), cerita aku pun menggunakan nama-nama AFI. Isinya? Kalau aku baca dengan posisi sekarang ini, aku pasti ketawa geli sendiri. Karena tulisannya aneh, konyol, dan norak! Hahaha. Jadi mikir, kok bisa aku nulis seperti itu. Padahal itu tulisan seorang anak kecil, tapi udah bisa nulis asal tentang dunia cinta remaja. Selain tentang cinta yang gak nyambung plot per 2 - 3 halaman, aku juga sering nulis dengan istana sentris (masih dengan tokoh yang sama). Mungkin karena fanfiction itu, sampai sekarang imajinasiku selalu minta untuk disalurkan. itu sebabnya aku jadi semakin semangat nulis. Dan mau diseriusin. Semoga bener bisa jadi kenyataan dalam waktu dekat ini :)

Beberapa hari yang lalu, aku sempet baca artikel. Artikel itu bilang seorang penulis fanfiction sudah memiliki imajinasi bagus - syarat untuk menjadi penulis profesional. Tinggal bagaimana mengelola imajinasi itu menjadi sebuah cerita cerpen, cerbung, atau novel. Aku jadi mikir, biarpun aku sering diketawain sewaktu aku nulis fanfiction, ternyata waktu itu aku sudah membangun imajinasiku meskipun sangat ketinggian. Seiring beranjak dewasa, aku semakin ngerti apa yang harus aku tulis. Ide-ide mulai sering membanjiri otakku.

Puncaknya adalah ketika aku berhasil masuk menjadi peserta Akademi Bercerita angkatan 1Jogja  yang diadakan penerbit Bentang Pustaka. Aku sangat bersyukur ketika ada didalam. Pertama, aku mendapat semua pelajaran tentang menulis yang belum pernah aku dapat sebelumnya. Sangat berharga. Belajar langsung dari beberapa penulis profesional, dibimbing langsung oleh para editor. It is such a worth moment. Thank's God, you have sent me for that :) ; kedua, ketemu orang-orang yang satu passion denganku. Karena sebelum ada Akademi Bercerita, it is hard to find a friend for discussing all about writing. Di tempat itulah, aku bisa bertukar pikiran tentang menulis, and many more we can do together.
Digembleng selama 4 bulan-an untuk menyelesaikan naskah novel, aku sangat memanfaatkan 4 bulan itu untuk tulisan pertamaku berupa novel. Selesai dengan yang satu, sekarang aku sedang memikirkan untuk menulis lagi. Aku udah nulis sekian banyak fanfiction, dan aku berencana untuk menyulapnya menjadi fiksi teenlit atau chicklit dengan modal materi yang pernah aku dapat selama 3 bulan di Akademi Bercerita.

Meskipun, banyak orang yang masih sering meragukanku untuk menulis (entah karena apa), aku akan tetap menulis. Seperti kata pepatah, anjing menggonggog, khalifh pun berlalu. Gak akan perduli apa kata orang sekarang, aku akan tetap menulis. Mewujudkan cita-cita aku menjadi seorang penulis. Aku yakin, aku bisa membeli ucapan orang yang meragukanku sekarang, suatu saat nanti.
Ya, suatu saat nanti. Semua akan tau, it is me, Malika Gustiari - an author of ....... (my writing tittle) :)

Other post from this blog

My Another Fan-Fiction Is Released!

Haaaiiii.... wuiihhh.. apa kabar blog aku ini?? lamaa bangeet gak nulis disini yaaa.... rindu berat sama nulis :) Kali ini aku membawa se...