They ever called by SpeXial

Dajia hao!

Ada pepatah yang bilang: tak kenal, maka tak sayang. Oleh karena itu aku mau semakin ngenalin teman-teman pembaca kepada boyband spesiaall banget dari Taiwan. Ini boyband adalah calon terkuat penerus tahta Internasional dari boyband Taiwan pada zaman dahulu kala. Yes, sebut saja dulu di Indonesia pernah booming 5566, F4, dan Fahrenheit. Semua ex-boyband itu beranggotakan 4 member kan, ya. Yang ini juga (sempat) 4 member, meskipun kini jumlah personel menanjak :D

This' Taiwanese Boyband, SpeXial [eXtra Special]. Debut pertama tahun 2012 Bulan Desember. Berhubung aku telat mendengar informasi tentang SpeXial waktu awal debut, jadi sedikit sekali yang bisa kutuliskan pada saat masih jalan berempat. Yang aku tahu saat pertama denger SpeXial, keempat personelnya sama-sama main di K.O. Series, mulai dari K.O 2 ; K.O. 3 ; X- Dormitory. Bahkan SpeXial ikut juga ngisi soundtrack K.O. 2. dan X Dormitory.


DISCLAIMER: Meskipun SpeXial sudah tak seperti dulu lagi, namun page ini akan kucoba update terus menyesuaikan kegiatan terbaru member tersisa. Perhatikan tanggal upadate diakhir postingan. 


Perkenalan segitu dulu yaa.. Bersambung dibawah ini, setelah beberapa video SpeXial ;)

1. Super Style - Album: SpeXial (self-titled) (December, 2012)



2. Break It Down - Album Break It Down (Mid-year 2014) + generasi 2


3. Love Killah - Album: Love Killah DVD EP (Early 2015) + generasi 3


4. 贴身 (Tie Shen) (Love Guardian) -  Album: Dangerous (Mid year 2015)



5. Boyz on Fire - Album: Boyz on Fire (July, 2016) + generasi 4


SpeXial OT 12 launching 4th Album - Boyz On Fire (Ximending, Taipei)


6. Buddy Buddy - Album: Buddy Buddy (2018) (within 9 existing members)


Listen to Buddy Buddy full album in Spotify. Click here.


**
Ini para anggota SpeXial: generasi 1 + generasi 2 + generasi 3 + generasi 4
Source: SpeXial wikipedia


*Generasi 1 
SpeXial-Wes 
Luo Hong Zheng / 罗宏正. Merupakan kakak tertua dari member SpeXial. Para member dan fans menyebutnya dage / 大哥. Dan otomatis menjadikan doi sebagai leader grup, sekaligus lead dance. 
Kelahiran tanggal 27 Juli 1989. Dibawah naungan zodiak Leo *aauumm* 

Sekitar satu tahun atau dua tahun lalu, Dage pernah cuti dari SpeXial karena alami operasi dulu (ada sesuatu dikaki kirinya0. Sejak saat itu eksistensi SpeXial mulai goyah. Dage kembali, namun anggota grup lain mulai jalan masing-masing. Terakhir yang kutahu, Dage baru merampungkan serial TV (tahun 2018 ini), judulnya: Campus Heroes. (Baca reviewnya disini..)


Nama fans Wes: Red Beans (English version) 



NINUNINUNINU....!!
Sekitar bulan Mei atau Juni 2019 lalu, aku mendapati notifikasi facebook. Pas kubuka ternyata pemberitahuan fanpage Dage Hongzheng sudah menghapus nama SpeXial dari depan namanya. Shock, pasti! Yang kuingat adalah kalau tidak salah kontrak generasi pertama SpeXial akan berakhir ditahun-tahun ini. Jadi, Dage pun memutuskan ninggalin adik-adiknya di SpeXial?


SpeXial-Wayne
Huang Wei Jin / 黄伟晋. Pria ini kelahiran 23 Maret 1990. Aries Man, dan otomatis menjadikan doi kakak kedua digrup (meskipun kupikir Kak Wayne ini gak ada cocok-cocoknya jadi kakak -_-). Wayne sebagai satu dari dua main vocalist SpeXial dan punya suara emas--oke punya :D
Kakak Wayne sekarang baru disibukkan dengan menjadi host diprogram 100% Entertainment bersama satu lagi personel SpeXial, dan masih aktif manggung bersama SpeXial untuk mempromokan album baru mereka.

Kak Wayne....hmm....anggota SpeXial masih setia dijalur musik. Dia masih menyanyi, mengkaver lagu, bahkan berduet dengan penyanyi lain. 


Nama fans Wayne: Little Helmet (English version)



ANOTHER NINUNINUNU ALERT TO SXF AND LITTLE HELMET!
Hanya jeda dua bulan-an dari Dage Hongzheng menghapus nama SpeXial dari depan nama fanpage-nya, Kak Wayne juga menghilangkan nama SpeXial dari nama fanpage Wayne Huang :(.
Memang benar yaa, kedua member tertua SpeXial ini memilih keluar dari SpeXial bahkan disaat grup tidak aktif lagi menghibur penggemarnya diatas panggung. Jadi isu  dikeluhkan Simon dan Zhi sewaktu mereka keluar itu benar adanya?



SpeXial-Brent 
Xu Ming Jie 须明杰 / 许名桀. Kelahiran 12 Mei 1993. Taurus boy! (yeay, Taurian-mate..). 
Pas debutnya, nama Inggrisnya adalah Matthew, tapi per Juni 2016, dia resmi mengganti nama Inggris menjadi Brent (semoga nama itu menambah lucky padamu ya, boy..). Sama seperti Kakak Wayne, dia merupakan main vocalist SpeXial.
Desember 2014 - Desember 2015, dia cuti dari grup karena mengikuti wajib militer. Kembali ketika SpeXial sedang mempromokan album Dangerous.

Sama seperti Kak Wayne, Brent pun masih tetap menyanyi. Sering kita lihat dia cover lagi dan diposting di-Instagram @brenthsu. Sepertinya, saat ini doi juga lagi mempersiapkan sesuatu sih sama salah seorang personel yang lain. 


Nama fans Brent: Pollen (English name)



SpeXial-Sam 
Lin Zi Hong / 林字闳. Kelahiran 1 Oktober 1993 (kalo di Indonesia pas Hari Kesaktian Pancasila :D), Dia merupakan rapper SpeXial. Tapi selama doi ikut wajib militer posisi nge-rap ada yang gantiin. Termasuk personel yang fans banyak (nomer dua), karena katanya tipe-muka-dingin-nya yang bikin kesemsem.
Bulan Mei 2016 dia menjadi member terakhir yang bergabung kembali setelah balik dari kewajiban militernya *ciee pulang ciee* tepat saat konser SpeXial Land 2016 dia tampil pertama kalinya lagi, dan membuat SXF bahagia karena SpeXial lengkap bersepuluh!

Sam belummenyanyi lagi, dia masih lebih terima endorse ataupun iklan (hehehe), tapi terakhir dia bernyanyi bareng Brent. 

Oh iya, aku suka sekali dengan kedekatan diantara member generasi satu ini. Mereka tetap kompak, saling support satu sama lain. Meskipun kesemua member pun begitu, tetap saja terasa emosional berbeda kalau ngomongin empat member pertama ini. 


Nama fans Sam: Red Tea (English Version)



*Generasi 2 
SpeXial-Simon
Lian Chen Xiang / 连晨翔. Kelahiran 3 Januari 1992, dibawah naungan zodiak capricorn.
Sebelum resmi diumumkan sebagai satu dari tiga generasi dua SpeXial, Simon sudah muncul bersama Dage Wes dan salah satu personel Dream Girls, Tia Li di MV I Remember (FIR). 
Posisi doi digrup sebagai satu dari dua member visual--kalo aku sih nangkep sebagai magnet grup :p 


Nama fans Simon: Peter Pan (English version)


*BAD NEWS!
Per Januari 2017, Simon mengajukan resign dari SpeXial karena adanya ketidaksesuaian pekerjaan dengan kontrak sebelumnya, juga masalah pribadi didalam keluarganya. Simon masih terikat kontrak dengan SpeXial, maka proses resign itu pun berlanjut dijalur hukum. Hasilnya, pengadilan mengabulkan permohonan pihak Simon. Kini, nama SpeXial resmi dihapus dari depan nama Simon Lian. Jadi, Simon Lian menyatakan mundur dari Boyband SpeXial per Februari 2017 :( 

Setelah keluar dari SpeXial, Simon lamaaa bangeeett nggak muncul (move-on lamaa :p). Kebanyakaan saat itu dia terima endorsement aja (itu juga setelah vakum sekiktar 6 bulan-an. Setelah itu pernah shooting sebuah serial TV, tapi aku belum dapat judulnya dan belum menonton :(


SpeXial-Evan 
Ma Zhen Huan / 马镇换. Lahir tanggal 22 November 1992 (shio monyet). Dia lahir di Taiwan, hanya saja waku masih bayi sama orang tuanya dibawa ke Kanada, dan menghabiskan masa remaja hingga dewasa di Vancouver sebelum kembali ke Taiwan dan bergabung di SpeXial, dari Sunshine Management, Kanada. 
Sempet vakum - / + 8 bulan sejak SpeXial masuk album kedua, plus album debut untuk generasi kedua, soalnya perlu lanjutin skripsinya di Kanada. Ia balik ke Taiwan, pas SpeXial promo mini album Love Killah. Posisi di grup sebagai sub-vocalist, terkadang membantu di English rap

No commernt dulu deh. Evan belum banyak info terdengar, lebih banyak pemotretan gitu deh (biasaa endorsement). 


Nama fans Evan: Little Rocking Horse (English name)



SpeXial-Teddy
Chen Xiang Xi / 陈向熙 . Kelahiran 15 Oktober 1993. Libra boy. Asalnya Shanghai, China. 
Doi memegang posisi sub-vocalist di SpeXial bersama Evan. 
Sedikit trivia: Teddy-Simon, Teddy-Evan kelihatan punya kedekatan persahabatan lebih dari yang lain, karena sama-sama generasi dua (waktu masuk bersamaan).

Teddy bukan aktif menyanyi, tapi mengisi beberapa program game show di TV Taiwan. Itu saja yang sering terdengar darinya. 


Nama fans Teddy: Honey (English Version)



*Generasi 3
SpeXial-Win 
Fu Feng Tian / 风田 / 豊田将也 (akhirnyaaa ketahuan nama aslinyaa :D).
Doi kelahiran 12 Feburari 1992, juga dibawah nauangan zodiak aquarius dan shio monyeet lagi....
Win merupakan Japanese vocalist di SpeXial. Karena doi juga member impor dari Jepang dan punya Bahasa Jepang tingkat akut (yaa iyaalaah -_-) 
Win merupakan member tertinggi digrup, tingginya mencapi 189 cm dan berat badannya 73 kg.

Nah ini dia, member yang sering terlihat wara-wiri di TV Taiwan, karena dia menjadi pemandu acara 100% Entertainment (oh iyaa lupa bilang, terkadang juga dia mengisi bersama Kak Wayne dan Sam). 
  
Nama fans Win: Little Windmill (English Version)



SpeXial-Riley
Wang Yi Lun / 王以纶. Sama seperti Evan, dia menghabiskan masa remaja di Kanada, kemudian pulang kembali ke Taiwan. Riley kelahiran 18 Maret 1996. Piesces boy.. 
Di SpeXial dia memegang posisi sebagai rapper bersama Sam, juga memegang English rap bersama Evan. Merupakan member nomer tiga dengan jumlah fans terbanyak digrup. 
Sekarang, Riley seperti yang paling sering dapat tawaran untuk berbagai genre drama termasuk ada sebuah drama yang dia terlibat dalam soundtrack, tapi dia nyanyi sendiri (solo single seperti Kakak Wayne) dalam lirik Bahasa Inggris.


Nama fans Riley: Bad Princess (for girl) ; Bad Prince (for boy)


ANOTHER REALLY REALLY BAD NEWS! :(
Per August 25, 2017, Riley has confirmed by his social medias that he decicded to resign from SpeXial, like Simon and Zhi. Masih belum jelas alasan jelas mundurnya Riley dari boyband ini. Yang jelas SXF harus kehilangan lagi member kesayangannya, terutama bagi para Bad Princess/Prince. 

Riley.....aku kangen dia, sebenarnya. Terakhir dia main serial TV sih. Tapi aktif mengisi beberapa acara juga. 



SpeXial- Ian
Yi Bo Chen / 易伯辰. Kelahiran 24 Oktober 1996. Merupakan member termuda digrup (meskipun secara tahun sama dengan Riley). Itu juga yang bikin kedekatan Ian dan Riley. 
Posisi doi sebagai wakil lead dance dan sebagai beatboxer SpeXial. 

Ian sepertinya punya sesuatu yang siap diluncurkan deh. Tapi entah apa, hanya belum dapat bocorannya :(


Nama fans Ian: Little Star

                  


*Generasi 4 
SpeXial-Dylan 
Nama aslinya 熊滓棋 / Xiong Ziqi. Sama seperti Evan dan Win, doi dibawah naungan shio monyet, kelahiran 6 Juli 1992. Dipungut Agensi Comic Ent (Manajemen SpeXial) di China. Ternyata Dylan digrup cukup menyandang salah tiga member tertinggi, dengan tinggi 188 cm dan berat 70 kg.
Sebelum Dylan direkrut manajemen SpeXial, dia memang sudah berprofesi sebagai aktor dan juga penyanyi bahkan sudah punya satu single. Akhir-akhir ini pun, Dylan lebih sering tinggal di China karena pekerjaannya lebih banyak didapatkan disana.

Ini member yang paling sibuk diluar SpeXial, tapi di Mainland ya, bukan di Taiwan. Mulai dari main serial, nyanyi, masih dia lakuin. Senaang lihat wajah tampannya wara-wiri dilayar kaca :D


Nama fans Dylan : Racoon (English name)




SpeXial-Zhi 
赵志伟 / Zhao Zhiwei lebih dulu dikenal para SXF daripada Dylan, karena doi ikut berperan di serial K.O.4 Remember bersama Koh Wes, Kakak Wayne, dan Win.
Zhi kelahiran 8 Agustus 1994. Seperti Dylan juga, dia ditemukan Comic Entertainment di China. Posisi Zhi di SpeXial sebagai main dancer, sama seperti Ian Yi.  

Nama fans Zhi: (Zhi) Obsession (English version)




*BAD NEWS AGAIN!
Kira-kira satu bulan setelah Simon menyatakan diri resmi keluar dari SpeXial, kabar gak enak muncul dari Zhi, personel yang masih baru banget bergabungnya. Aku belum mendapati alasan Zhi memutuskan keluar dari SpeXial, tapi Zhi keluar dengan cara lebih sopan daripada Simon yang lewat jalur pengadilan. Menurut para SXF, masalah kontrak yang bermasalah seperti kasus Simon, menjadi alasan Zhi hengkang juga dari grup. 
  

Zhi? No commernt. Segala akses entertainment news Mainland sangat terbatas, jadi sulit melacak kegiatan Zhi terbaru lagi. 




**********
Get in touch with SpeXial by follow their SPEXIAL Facebook fanpage  and subscribe SPEXIAL youtube channel. Dan jangaan lupa yaaa follow medsos masing-masing personel untuk dapat update terbaru dengan cepat....


*Official SpeXial instagram (SpeXial's members' accounts got verified by Instagram)
Brent : brenthsu
Sam : sam_spexial
Evan : sx_evanma
Teddy : bear821015
Win : spexialwin
Ian : spexial_ian
Dylan : dylanzxq

*Official SpeXial Facebook Page
Brent : https://www.facebook.com/officialspexialbrent/
Sam : https://www.facebook.com/officialspexialsam
Evan : https://www.facebook.com/spexialevan
Teddy ; https://www.facebook.com/spexialteddy
Win : https://www.facebook.com/officialspexialwin
Ian : https://www.facebook.com/spexialianoffical
Dylan : https://www.facebook.com/officialspexialdylan  

*Official SpeXial Weibo 
Ofiicially account : Official SpeXial
Brent : http://weibo.com/spexialmatthew
Sam : http://weibo.com/spexialsam
Evan : http://weibo.com/spexialevan
Teddy : http://weibo.com/spexialteddy
Win : http://weibo.com/spexialwin
Ian :  http://weibo.com/spexialian
Dylan : htttp://weibo.com/spexial-dylanxiongziqi



SpeXial new formation for new album - Boyz on Fire 



Video diatas merupakan cuplikan performance SpeXial di A-Nation dan membawakan lagu featuring Ayumi Hamasaki, berjudul: Sayonara.





[Page Update: October 18, 2019]

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar/saran/kritik untuk memberiku ide menulis lagi :)

Other post from this blog

#IGrewUpWiThese - Part 1

Dajia hao! Aku kembali! Hehehe… Aku kembali membawa sebuah tema yang akan kubagi menjadi beberapa bagian. Karena tema ini luas bange...