Most Viewed Poata

July 20, 2016

Taiwanese Drama Review: Refresh Man (2016)


Hello, Puddings! ^^
Kenapa aku langsung menyapa para Pudding? Karena aku mau bahas satu drama yang diperankan oleh idola--cinta mati-nya para Pudding~  
Yap! Ini drama baru Aaron Yan tahun 2016 ini. Menantikan drama ini benar-benar sebuah penantian. Soalnya tahun lalu Aaron nggak ada main drama apapun tuh, doi fokus promo album Drama, juga album Cut, dan Aaron juga fokus garap Japanese album di Jepang sana. Terus beberapa kali ngisi acara on-air/off-air di Taiwan. Jadi yaa gimana Pudding pada nggak merindukan pria ini? Alhasil, begitu awal tahun 2016 kemarin dapat info Aaron mulai syuting drama terbaru. Pudding excited banget dong... Hehehe ^^

Sebelumnya, dengerin dulu yang jadi opening song drama ini, dibawakan oleh Claire Guo, berjudul Inggris: Partner. (Untuk official music video sudah tersedia di youtube)




Judul drama 
Chinese: 後菜鳥的燦爛時代
Pinyin: hòu cài niǎo de càn làn shí dài
English: Refresh Man 

Main Casts
- Ji Wen Kai, roled by: Aaron Yan  
- Zhou Yu Tang, roled by: Joanne Tseng
- Miao Ai Sha / Elsa Miao, roled by: Lene Lai 
- Wang Zi Yu, roled by:  Jack Lee

Sales Team 3 Tian Xi Company 
- Leader Meng He, roled by: Sara Xiu 
- Huang Jia Yin, roled by: Cherry Hsia
- Jiang Hui Xin, roled by: Jenny Huang 
- Zhu Liang Yu, roled by: Roy Zhang 
- Chen You Rui, roled by: JR Chien 

Aired period: March 06, 2016 - June 26, 2016 
Total Episode: 17 
Ditayangkan di Channel SETTV Taiwan 

Lagu ending, dibawakan oleh penyanyi Weibird Wei, dengan judul Inggris-nya: Think of You First. 
(Video lyric also have available on youtube) 


Drama ini semua bermula ketika Sekretaris Tian Xi Company, MUSE product company, Zhou Yu Tang percaya diri akan dipromosikan menjadi head secretary dengan CEO MUSE yang baru. Tapi dihari pertama kedatangan CEO baru itu, ada aja hal-hal yang terjadi sama Zhou Yu Tang, sehingga kredibilitasnya sebagai sekretaris dipertanyakan oleh Ji Wen Kai-- CEO MUSE. 
Akhirnya Ji Wen Kai mengganti posisi Yu Tang sebagai sekretaris dengan seorang wanita yang sejak lama memang sudah menjadi partner bisnis Wen Kai, namanya Miao Ai Sha, sekaligus mengangkat Ai Sha menjadi kepala sekretaris Tian Xi Company. Tokoh Miao Ai Sha ini bener-bener digambarkan yang bagus-bagus deh. Dia pintar, cantik, jago ngomong dan translate dalam Bahasa Rusia, dan jelas bikin Yu Tang jealous dengan kehadiran Ai Sha. Oh ya, setelah itu Wen Kai menurunkan posisi Yu Tang menjadi sales agent dan ditempatkan di Sales Team 3--divisi penjualan yang merupakan tempat terkutuk, rasanya seluruh staff 'buangan' yang sudah nggak baik lagi diturunkan didivisi ini. 

Dari sana Zhou Yu Tang mulai berkenalan dan mencoba bangkit kembali bersama,Senior Meng--leader Sales Team 3, Huang Jia Yin--satu-satunya sales agent Team 3 yang paling bener kerjanya (hahaha :p), Zhu Liang Yu--bookworm yang terobsesi menjadi penulis--dia juga sales agent, Huang Hui Xin--aku kurang paham sama jobdesk dia disini, tapi kalau aku nangkep dia sebagai sales administration atau apapun yang berhubungan dengan itulah :D

Konflik diawal nggak jauh dari persoalan-persoalan yang dihadapi Sales Team 3 setelah bergabungnya Zhou Yu Tang dan Chen You Rui--sengaja ditempatkan di Team 3 oleh CEO Kelvin (Ji Wen Kai). Awalnya ketika Huang Jia Yin mulai mengalami penurunkan produktivitas setelah anak semata wayangnya sakit dan mengambil cuti beberapa saat menunggui anaknya dirumah sakit karena khawatir anaknya akan jatuh ketangan mantan suaminya. Demi Jia Yin, Yu Tang bertekad menyelesaikan klien Jia Yin sebelumnya dan membuat Jia Yin tenang dalam merawat anaknya dulu. 

Diam-diam skenario membangkitkan Sales Team 3 biar sejajar dengan Team 1 dan 2 mulai diatur dan direncanakan oleh CEO-nya sendiri dibantu sang sekretaris. Termasuk Wen Kai bisa mencium kehadiran dan motif hadirnya Sekretaris Yours, Wang Zi Yu. 

Itu tadi dari segi perusahaan yang lebih banyak antara MUSE Cosmetic dan Yours. Yang aku sedikit bingung disini adalah ketika menjelang ending, dimasukkan banyak tokoh (penguat alibi), tapi kurang dijelasin motifnya apa. Karena mereka dimunculkan "dadakan" dalam satu-dua episode sebelumnya. But overall, seluruh penggambaran dunia kerja sales dan marketing, dunia sekretaris perusahaan diceritakan bagus banget lengkap dengan konflik yang mendukung (dan tolong jangan dibandingkan dengan jalan cerita sinetron dalam negeri ini yang sama-sama mengambil latar belakang perkantoran dan seisinya). 

Persoalan kisah cinta tokoh Wen Kai, Yu Tang, Ai Sha, dan Zi Yu juga bikin gereget. Dari awal sudah diceritakan kisah masa lalu Wen Kai sama Yu Tang--dari masa SMA Wen Kai selalu dikerjai oleh Yu Tang, disuruh ini-lah, itu-lah, dll, tapi Wen Kai tetap melindungi Yu Tang pas dia diganggu anak-anak lainnya. Sampai akhirnya Wen Kai memutuskan melanjutkan kuliahnya di Amerika, sementara Yu Tang tetap di Taiwan, tinggal di rumah sekaligus kedai omelette sepeninggal Mama Zhou. 
Begitu Ji Wen Kai balik ke Taiwan--tepat diminta Komisaris Zhong mengisi posisi CEO Tian Xi, seperti ada kisah belum selesai antara dia dan Zhou Yu Tang. Perjalanan cinta mereka nggak berjalan mulus (namanya juga drama, pasti ada adegan begini dong). Ada kecemburuan Ji Wen Kai ketika Zhou Yu Tang berkenalan dan didekati oleh Head Secretary Yours, Wang Zi Yu, dan langsung membuat Ji Wen Kai meradang. Dia pun berkeinginan menjadikan Zhou Yu Tang pacarnya. Gayng bersambut, ternyata dia juga menyukai Ji Wen Kai sejak dulu dan selalu menunggunya. 

Demi mendapatkan kembali Zhou Yu Tang, Wang Zi Yu melihat celah lewat personal secretary Ji Wen Kai yang diam-diam juga memiliki rasa kepada bosnya sendiri. Awalnya Miao Ai Sha belum terpengaruh dengan ajakan "bekerja sama" Wang Ziyu. Tapi siapa sangka sih Miao Ai Sha yang cerdas dan terlihat loyal sama Ji Wen Kai bisa mengkhianatinya hanya gara-gara cinta bertepuk sebelah tangan. Disini akupun geregetan banget sama Ai Sha (oh please -_-). 

Oh iyaa, aku rasanya ini seharusnya bisa jadi cerita lanjutannya. Kalau sudah nonton, begitu memasuki (-/+) episode 12 sampai akhir, coba diperhatikan tatapan mata dan gerak-gerik para anggota Sales Team 3, terutama Huang Jia Yin dan Chen You Rui, juga Zhu Liang Yu dan Jiang Hui Xin :D Ada cerita juga dari Senior Meng He. Kenapa dia masih single terus sampai sekarang. 

Aku suka drama ini soalnya dari segi latar belakang cerita sebagai sales agent (juga dunia marketing) cocok buatku yang juga lagi berkecimpung didunia marketing, jadi ya aku seperti belajar cara handle klien yang sulit 'ditaklukan' sekalipun hehehe.. 
Aku juga tertarik dengan gaya berpakaian, balutan busana kantoran ala Huang Jia Yin. Bener-bener menunjukkan seorang sales executive! 


**Credits all go to: 
- English wikipedia  
- Dramawiki 
- Viki.com 

ASD Blog's Rating for Drama Refreshman: 8 of 10

Refresh Man photostream

The casts was doing fanmeeting after ending of 17 episodes.




(From left to right) Jack Lee, Lene Lai, JR Chien, Joanne Tseng, Aaron Yan (middle),
Cherry Hsia, Roy Zhang, Jenny Huang 


End for Ji Wen Kai and Zhou Yu Tang










Other post from this blog

Kepoin Figur Publik #4: Pebulutangkis Nasional Taiwan Part 2)

Haii, masih ingatkah dengan postinganku sebelumnya yang membahas para pria jago dilapangan bulutangkis ini? Tian Chen-Ge Zi Weii-...