Most Viewed Poata

February 5, 2017

Last-Short-Break-Journey

Haloohaa! Akhirnya bisa ngeblog kembali hahahaha.. Berbeda dari postingan yang biasanya tentang fangirling maupun drama review, kali ini aku mau trip review dari perjalanan aku sekitar dua minggu yang lalu.
Kemana?
Simak deh, ceritanya.. :) 

Akhir pekan kemarin aku kedatangan sodara dari luar kota ke Jogja. Sebenarnya sih gak pada merencanakan liburan sesungguhnya. Karena sodara yang satu datang di Hari Jumat-nya untuk ikut tes seleksi masuk di UGM; dan lainnya datang karena menjenguk anggota yang sakit. Daripada kedatangan mereka ke Jogja sedikit sia-sia, jadilah mama meminta aku dan adikku mengantar mereka berjalan-jalan seharian.

One day trip kita mutusin (aku sih yang menyaranin hehehe...) ke Punthuk Setumbu dan Gereja Burung-nya. Bagi yang nonton film "Ada Apa Dengan Cinta? 2" pasti gak asing dong sama adegan reuni Rangga dan Cinta yang ngupas habis cerita mereka? Iya, setting lokasi diambil didalam Gereja Burung itu.
Oh iya, banyak yang bilang gereja itu berbentuk ayam dan terkenalnya Gereja Ayam. *tetoott*. Aku baru tahu dari guide kita waktu itu ternyata yang bener berbentuk burung merak (oohh....). Tapi tetep aja karena udah terkenal ayam, tetaplah si ayam yang menang hahaha.
Pertama kita ke Punthuk Setumbu dulu. Punthuk Setumbu bisa dilalui dari Candi Borobudur, kira-kira sekitar setengah jam dari parkiran Candi Borobudur dan perjalanan dari Kota Jogja sekitar 90 menitan. Selanjutnya akan tiba dipersimpangan jalan: arah kanan menuju ke Gereja Burung; arah kiri menuju Punthuk Setumbu. Dan karena masih penasaran dengan pesona yang ditawarkan Puthuk Setumbu, kitapun mengambil arah kebukit itu dulu. 

Nah, selanjutnya dari parkiran bukit, kita  menempuh jalan setapak kurang lebih 10-15 menit. Perjalanan menanjak biasa saja. Maksudnya gak terlalu terjal. Kecuali bagi orang yang lama gak olahraga, hati-hati, karena setelah itu bakal pegel banget betisnya ya hahaha... tapi begitu sampai diatas kita bisa melihat Candi Borobudur dari atas bukit dan tentu si kepala Gereja Burung-nya. Habis ini ada foto-foto pemandangan diatas bukitnya. Sayangnya, kalo difoto, Candi Borobudur kurang jelas :(.

Itu dibalik pohon yang berrbentuk disana keliahtan atas gereja burung-nya 


cuma ngantri segini mah gampang, soalnya udah biasa nungguin kamu bertahun-tahun
*eh :p






Nah, puas berfoto di Punthuk Setumbu, kita lanjut deh perjalanan ke Gereja Burung. Kalo dari Punthuk Setumbu ada jalan setapak lagi sampai Gereja Burung itu. Dibandingkan kita harus turun dulu, ambil mobil, baru ke Gereja Burung, perjalanan menanjak kita yang kedua bakal lebih berat. Dan kita pun mengikuti saran itu, hitung-hitung ngasih rezeki guide orang sana deh. Ini tarifnya sukarela.
Kata guide kita, gereja ini sudah ada sekitar tahun '92an *kalo aku gak salah denger* dan dulu gereja ini rusak akibat amuk massa yang gak setuju adanya bangunan rumah ibadah disana. Tapi siapa sangka  bangunan itu justru terkenal karena bentuknya yang unik. Lantai satu pun masih mempertahankan bentuk umum gereja. Sampai tanggal 21 Januari 2017, gereja sedang mengalami renovasi dan masih kata guide, renovasi itu akan mengukuhkan Gereja Burung sebagai objek wisata.


Penampakan dari dekat Gereja Burung di Magelang

diatas kepala burung ini ternyata cuma bisa muat sampai 15 orang.... 

....tapi susahnya ketika mau naik-turun karena tangga putar kecil bangett
*kudu gantian dan jangan lupa ngantri 


view ini diambil dari atas kepala si burung

dibagian mulut burung

didepan perut burung ini ada itu tuh... air mancur dari patung perempuan
By the way, aku mau pesan sama siapapun yang baca review ini dan berpikiran untuk main ke Punthuk Setumbu dan Gereja Burung nantinya, tempat ini masih baru dan bersih, jadi tolong banget dan jangan diisengin oleh tangan-tangan tak berranggung jawab ya, juga buanglah sampah pada tempatnya. Memang disana belum banyak tersedia tempat sampah, tapi kalian bisa simpan bungkus makanan dan minuman kalian dulu, baru buang jika udah nemui tempat sampah, oke? Kan, kalau tempatnya bagus, buat tempat foto jadi indah juga ya ;)

Hmm.. karena ini merupakan trip review pertamaku, aku mau photos-stream aja dulu. Sebenarnya setelah dari Magelang, kita menuju langsung  lava tour offroad di Lereng Gunung Merapi. Fotonya pun gak banyak, jadi akan kusambung dipostingan berikutnya.

Retribusi objek wisata
Punthuk Setumbu: IDR 10k
Gereja Burung: 15k
Tour Guide dari bukit ke gereja: sukarela
Parkir mobil diarea bukit: -/+ 5k:

Enjoy, friends! And, ganxie nimen ^^

Other post from this blog

Kepoin Figur Publik #4: Pebulutangkis Nasional Taiwan Part 2)

Haii, masih ingatkah dengan postinganku sebelumnya yang membahas para pria jago dilapangan bulutangkis ini? Tian Chen-Ge Zi Weii-...