May 12, 2018

Taiwanese Drama Review - See You In Time (2017-2018)

Halo, semua! Kembali lagi dengan review drama Taiwan. 
Kali ini aku mau mereview sebuah tayangan serial Taiwan yang baru beberapa minggu selesai tayang. Satu drama Taiwan yang ending jauh lebih mikir daripada drama yang sebelumnya kureview disini. Meskipun membuat penonton berpikir keras pas nonton, tapi drama-drama Taiwan selalu punya ide baru dan rasanya nggak pernah sama satu dan yang lain. Mungkin memang satu tema, satu ide serupa, namun pengemasannya selalu berbeda.

Drama berjudul Inggris: See You In Time, pertama kali kuketahui dari postingan instagram salah satu aktor pendukung yang ku-follow. Peter Guan, yang pernah main dalam drama Swimming Battle sebagai Fang Yi Lei, kali ini kedapatan peran sebagai atlet juga. Bukan atlet renang, melainkan atlet balap sepeda. By the way, lama-lama aku mikir, dia ini sepertinya memang cocok jadi atlet, secara badannya sudah atletis begitu :D. Selain ada Peter Guan, karakter lain yang menarik perhatianku adalah lawan main Marcus Chang dan Yorke Sun didrama Back To 1989, Mini Tsai. Ternyata pas nonton episode satu ada juga member Popu Lady, Liu Yu Shan pun terlibat dalam drama ini.


Oh iya, baru ingat.... opening episode satu pun sudah buat penonton berpikir dulu: ada apa dengan sepasang pemeran utamanya, mereka saling lihat tapi nggak menyapa satu sama lain? Okay, teruslah menonton.. Btw, aku bisa menonton See You In Time lengkap dengan subtitle berbahasa Inggris dari Viki.com. Klik link ini untuk nonton ya (bagi yang belum menonton).


http://wiki.d-addicts.com/See_You_in_Time

Hm. Kalau dilihat dari cover diatas, sudah jelas ya siapa dan siapa saja pasangan dalam drama See You In Time?

Baiklah, kita mulai review dari para tokohnya dulu ya.:).


Feng Ying, diperankan oleh Hans Chung


Seorang yang baru balik dari US ke Taiwan untuk meneruskan klub sepeda milik kakeknya. Feng Ying kembali bersamaan dengan mengikuti turnamen balap sepeda dan berhasil mengalahkan musuh bebuyutan, Selain itu, Feng Ying juga mengalami keanehan dengan jaringan teleponnya sehingga ia bisa menerima pesan yang dikirimkan dari tahun 2019 oleh seorang gadis dan membuat ia dan Ji Zi Qi terikat takdir bersama.


Ji Qi Zi, diperankan oleh Mini Tsai


Ji Zi Qi..... hm, awalnya sedikit membingungkan juga sih, kenapa tiba-tiba diperlihatkan Ji Qi Zi yang ada ditahun 2019 yang mengirim pesan ke Feng Ying ditahun 2017 dan dengan ekspresi sedih sehingga Feng Ying 2017 merasa kasihan dan sedih juga. Awalnya Ji Zi Qi mengirimi pesan itu hanya untuk menyampaikan kerinduannya pada Feng Ying yang sudah tiada ditahun 2019, tapi yang terjadi adalah ia merubah masa depan sampai berulang kali (suka-suka banget dah -_-).


Feng Xing Yu, diperankan oleh David Chiu


Ini dia... adik tiri Feng Ying yang nggak tau untung dan sangat terobsesi untuk tetap menjadi CEO diperusahaan bio teknologi milik ayahnya sehingga sangat takut kepulangan kakaknya ke Taiwan akan mengancam eksistensi dirinya sebagai CEO, karena bisa saja ayah mereka memberikan kepercayaan itu kepada Feng Ying yang dinilai lebih bijak. Maka dari itu, Feng Xing Yu menggunakan segala macam cara untuk membuat Feng Ying tidak betah lama-lama di Taiwan dan segera kembali ke US. Eh, aku nggak nyangka rupa se-kalem David Chiu (didrama ini) bisa berubah jadi tokoh antagonis bahkan sampai mengancam keselamatan ayahnya sendiri.


Song Wei Wei, diperankan oleh Esther Huang



Teman masa kecil sekaligus tunangan Feng Xing Yu baru masuk diepisode keempat. Dalam perjalanan drama ini, justru kasihan sama Song Wei Wei karena cintanya pada Xing Yu dimanfaatkan cowo itu untuk menghancurkan kakak sendiri. Yang awal, Wei Wei menjadi ahli gizi di Tim Shadow kemudian keluar karena ia turut membantu Tim Hurricane yang ditangani Xing Yu untuk mengalahkan Tim Shadow demi mencapai tujuan pribadinya. Wei Wei salah dua korban perubahan masa depan yang diciptakan Ji Zi Qi dan Feng Ying, dan akhirnya ia harus mempercayainya agar Xing Yu dapat tetap hidup sampai tahun 2020.


Okee.. mari pindah kejalan cerita See You In Time.

Seperti yang kubilang diatas tadi, opening episode satu aja udah bikin penonton bertanya-tanya soal cerita pemerannya? Dan itu semua akan terjawab diepisode enam belas akhirnya diepisode paling akhir.

- Couple 1: Feng Ying dan Ji Qi Zi

Pertemuan pertama dua karakter utama dalam drama ini saat kompetisi balap sepeda dan saat itu terjadi kecelakaan, Feng Ying menabrak sepeda salah seorang kurir wanita yang sedang terburu-buru mengantar beberapa paket bersamanya. Siapa sangka pertemuan itu berbuntut panjang karena sebenarnya wanita yang bekerja sebagai kurir itu menginginkan bergabung dengan Tim Sepeda Shadow karena ingin mewujudkan impian sang ayah dulu yaitu, menang dalam Kompetisi Tour de Taiwan. Kebetulan saat itu Feng Ying dan sahabatnya, Han Sen, sedang mencari seorang Asisten untuk Tim Shadow. Dan Ji Zi Qi, si kurir itu, berniat melamar disana.

Jaringan seluler di Taiwan sempat mengalami keanehan setelah ada trafo listrik meledak untuk sebab yang belum diberitakan. Ponsel Feng Ying turut menjadi 'korban' keanehan itu. Akibatnya Feng Ying mulai menerima SMS dari masa depan, tepatnya dari seorang gadis ditahun 2019. Gadis itu adalah Ji Qi Zi. Karena hal ini pula, Feng Ying menjadi ingin tahu ada hubungan apa dia dan Ji Zi Qi hingga gadis kerap mengiriminya pesan-pesan, bahkan foto-foto, seolah mereka sudah melalui banyak hal bersama.

Sejak Ji Zi Qi bergabung menjadi Asisten Tim Shadow, perasaan suka Feng Ying pada Zi Qi mulai terlihat. Feng Ying merasa ia harus selalu melindungi Zi Qi apapun keadaannya. Tapi, tidak setelah ia menyadari jika kebersamaan keduanya justru akan membuat Zi Qi bersedih ditahun 2019. Feng Ying mencoba menghindari Zi Qi agar masa depan itu bisa berubah dan Zi Qi bisa berbahagia. Feng Ying memang merubah masa depan, namun tidak menjadikan akhir bahagia untuk Zi Qi. Tahun 2019, Zi Qi meninggal, itu mengapa ia berhanti mengirim SMS kepada Feng Ying dan seluruh pesan sebelumnya ikut hilang.

Feng Ying mencari jalan lagi agar Zi Qi tetap hidup hingga 2019 dan agar mereka tetap dapat bersama terus. Feng Ying menyadari anomali jaringan selulernya dan tahu bagaimana ia harus memberi pesan kepada Zi Qi ditahun 2017 agar tidak menjauh dari Feng Ying dengan demikian dia akan tetap hidup.


- Couple 2: Feng Xing Yu dan Song Wei Wei

Sampai sini, apa teman-teman masih menangkap cerita yang disajikan oleh pasangan pertama diatas? Semoga tidak bingung ya? Maka, aku bagi-bagi penyampaian review kali ini biar kita bisa lihat satu per satu scene serial itu. Hao, kita lanjutkan kepada pasangan kedua ya..

Cerita Feng Xing Yu dan Song Wei Wei tidak serumit Feng Ying dan Zi Qi karena Xing Yu dan Wei Wei tidak mengalami saling kirim pesan kemasa depan maupun kemasa lalu. Hanya satu kali Wei Wei percaya kalau ponsel Zi Qi bisa mengirim pesan kemasa lalu, tapi itupun terjadi diepisode akhir dan tindakan Wei Wei di-2020 tidak merubah apapun untuk Xing Yu di-2018 (cerita sudah tahun baru).

Xing Yu yang galau karena ia bertemu orang asing yang bisa merubah kegalauan menjadi lebih tenang setiap kali keduanya baru bertemu. Orang asing itu adalah Ji Zi Qi. Tanpa bermaksud menyembunyikan identitas masing-masing, Xing Yu dan Zi Qi tidak saling menanyakan nama mereka, justru ketidakbukaan itu membuat baik Zi Qi dan Xing Yu bisa bercerita banyak hal, termasuk mengenai pekerjaan masing-masing. Xing Yu menyadari ada rasa berbeda terhadap Zi Qi. Ini menyebabkan keraguan dalam hati Xing Yu akan rencana pernikahannya dengan Wei Wei yang semakin didesak sang ayah untuk segera dilaksanakan.

Malangnya Wei Wei yang dijadikan alat oleh Xing Yu untuk menggagalkan usaha Feng Ying membangkitkan kembali Tim Shadow. Termasuk rencana menjebak Feng Ying agar karir balap sepedanya terhenti selamanya. Rencana ini berhasil digagalkan oleh Zi Qi bersama Tim Shadow lainnya. Meski begitu Wei Wei tidak merasa dimanfaatkan oleh Xing Yu karena ia sendiri yang rela membantu Xing Yu. Wei Wei tahu bagaimana Xing Yu menceritakan ketidakadilan semasa kecilnya didalam rumah, ketidakadilan sang ayah kepada kakaknya dan karena cerita ini hampir serupa dengan masa kecil Wei Wei. Lama-lama Wei Wei cemburu juga melihat kedekatan Xing Yu dan Zi Qi sebagai orang asing yang akrab untuk saling bercerita.


Serial See You In Time tidak hanya soal keanehan dimensi waktu itu sehingga dimaana dua orang bisa saling mengirim pesan lintas dimensi waktu. Drama ini bercerita tentang usaha seseorang--dalam hal ini, Feng Ying, untuk mengembalikan tim balap sepeda yang dirintis oleh kakeknya dulu. Iya, persoalannya juga nggak jauh dari persoalan sekelompok tim atlet pada umumya. Ada cerita perjalanan Tim Shadow menuju turnamen besar, Tour de Taiwan, isu dopping dalam dunia kompetisi olahraga, hingga kekompakan tim yang diuji berbagai kesalahpahaman.

Tim Shadow 1 - Xiao Long
Awalnya dia merupakan atlet Tim Hurricane, dibawah kepimpinan Bao Ge. Yang kemudian "diminta" oleh Feng Ying untuk masuk kembali ke Tim Shadow, karena sebelumnya Xiao Long merupakan anak ddik kesayangan dimasa Kakek Feng Ying. Sekembalinya Xiao Long, Feng Ying percaya penuh terhadap kemampuan kompetisi Xiao Long, sehingga memberikan posisi Man of Lead pada Tour de Taiwan nantinya kepada Xiao Long.

Daaan, konflik internal Tim Shadow berawal dari sini, juga mereka terpecah menjadi dua kubu.

Tim Shadow 2 - Da Wei
Sebelum kembalinya Xiao Long, Da Wei merupakan tim terkuat dan terbaik Tim Shadow. Da Wei merupakan tipikal introvert, nggak banyak bicara (tapi perannya cukup membuat meleleh), maka dari itu ketika dia sedang menghadapi suatu kesulitan dalam dirinya, teman-teman satu tim-nya, tidak banyak tau penyebabnya, sehingga ketiga temannya harus menyelidiki sendiri penyebab Da Wei mulai berubah.

Tim Shadow 3 - Ai Li
Tokoh ini merupakan teman tim Da Wei sejak awal di Tim Shadow. Saat keputusan Feng Ying menjadikan Xiao Long Man of Lead, Ai Li-lah yang paling protes pada Chief mereka karena menganggap posisi masih lebih baik diberikan kepada Da Wei, alasan lainnya Ai Li menganggap Xiao Long masih anak baru dalam tim mereka. Keputusan Feng Ying gak dapat diganggu gugat meskipun keempat timnya mengadakan P.K. untuk menentukan siapa yang terbaik mendapat posisi Man of Lead itu.

Tim Shadow 4 - Yong Zhe
Teman tim, Xiao Long, yang juga sama-sama "diminta" Feng Ying dari Tim Hurricane. Yong Zhe, seorang yang cukup blak-blakan, sedikit ceroboh dan lola (bedaa jauuh sama karakter Wang Er Tai yang diperankan Aaron Lai didrama Swimming Battle). Kendati demikian, Yong Zhe saat setia kawan dan solid kepada teman-teman timnya.







Dari aku, drama ini ada poin minus. Karena kompetisi balap sepeda, Tour de Taiwan, yang disebut-sebut dari awal menuju pertengahan cerita dan bisa dibilang pembentuk cerita yang berhubungan dengan Tim Shadow rasanya kurang ada apa-apa-nya. Kelihatannya seperti bakal ada anti-klimaks lain dari Feng Ying dari kompetisi ini, tapi scene ini malah cuma sekilas lewat saja.

Poin minus lain adalah karakter utama seenaknya merubah masa depan sana-sini, jadi sedikit membingungkan jalan cerita buat penonton. Akhirnya sebelum ending, penonton disuruh menebak apa yang terjadi antara Feng Ying dan Ji Zi Qi.

Sebaliknya, pasangan kedua: Feng Xing Yu dan Song Wei Wei malah membuat drama ini tetap pada jalur drama bagus-nya. Peran antagonis keduanya apik terasa paass sesuai proporsi kejahatan masing-masing. Tekanan batin dirasakan Xing Yu terasa kuat sampai keluar layar (coba nonton deh, kalau belum tau ya..).

Poin plus lagi. Permainan penulis dan orang-orang dibalik layar bagaimana menampilkan transisi 2017-2019, 2018-2020 apiikk bangeett... kejadian demi kejadian sampai terjadi keanehan pesan masa depan itu diceritakan jelas, kecuali aku pribadi kurang suka gimana mereka menceritakan penyelesaian akhir semua konflik yang terjadi dengan semua tokoh utama.




Naaahh.. itu diaa.. akhir review drama See You In Time dariku. Jadii, bagaimanaa? Membingungkan Kalau iya, lebih baik langsung cus nonton saja drama Taiwan yang satu ini (bisa klik langsung dari link yang kukasih diatas ya). Dan, pastinya aku tunggu komentar-komentar kalian tentang drama ini yaa..

Dibawah ini merupakan soundtrack Drama See You In Time:


Official music video - The Lost Name (ending song), by: Nine Chen


Akhir kata terima kasih buat teman-teman yang sudah mampir ke blog yang sederhana ini. Silahkan search review drama Mandarin lainnya karena ada beberapa serial Taiwan yang pernah kureview disini.

Ganxie nimen. :)


Other post from this blog

What I've Missed From Jogja

Haii, para Pembaca... J Waahh.. lama sekali ya, aku nggak nulis disini. Sebenarnya ada banyak banget yang mau kusampaikan disini, t...