Most Viewed Poata

February 15, 2014

Mt. Kelud, East Java, Indonesia

Aku baru mendapatkan informasi ini beberapa hari yang lalu dari grup wassap Akademi Bercerita (komunitas yang pernah aku share disini). 
Now, I'll tell you it here. Hope this' will be useful for you J

Di Jawa, kelud itu jenis sapu. Terbuat dari sabut kelapa atau ijuk. Sapu jenis ini biasanya dipakai untuk bagian dalam rumah. Maka ada yang bilang erupsi Kelud itu artinya bumi sedang bersih-bersih bagian dalamnya. Kalau bersih-bersihnya agak kolosal mungkin dalam rangka menyambut tamu penting yang akan berkunjung, hajatan besar, kelahiran, atau justru kematian. Tapi sebenarnya ini gejala geologi saja. maka lebih baik perkuat iman kita.
Ada rumus dalam boso Jawa, kata yang mendapat seselan/sisipan um berarti sesuatu yang pantas dilakukan sesuai kata dasar atau yang menyerupai.
Misal ‘kelon‘ √ um = kumelon = kemelon. Artinya pantas untuk di....
‘gedhe‘ √ um = gumedhe = gemedhe. 
Artinya merasa besar.
Nah, kata ‘kelud‘ mendapat seselan um menjadi kumelud = kemelud = kemelut. Artinya situasi yang menyerupai saat Kelud punya hajat.
(source: Sholahudin Noorazmy – Headmaster of Akademi Bercerita Yogyakarta)

Itu sedikit hal yang dibahas didalam grup Akademi Bercerita ketika Gunung Kelud mulai erupsi tanggal 13 Februari 2014 dan dampaknya dirasakan di Jawa Tengah, hingga sebagian Jawa Barat dan DKI Jakarta tanggal 14 Februari-nya. Meskipun sedikit, semoga dapat menambah wawasan kita tentang pengetahuan kebahasaan J

Dan gak lupa, untuk semua korban dan pengungsi Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur dan erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Barat tetap tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini. Percaya Yang Maha Kuasa selalu punya alasan keindahan tersendiri ketika Dia menurunkan cobaan kepada hamba-Nya. Karena untuk meningkatkan kepercayaan hamba-Nya bahwa tidak ada yang tidak tidak mungkin dilakukan oleh-Nya.

Semoga kita semua selalu bersyukur atas seluruh nikmat yang telah diberikan-Nya J

Note: ingin menyadur? Tolong sumber diatas dicantumkan dan beri note blog ini. Hargai penjelasan dari narasumber J

Other post from this blog

[FANFICTION] Secret #9 (Based On True Story)

>> Click here to read what I tell on #Secret 8 << Secret #9 (The last open love letter of the unspoken story) Hai Shanghao...